27 Desember 2007

Lupus, Penyakit 1000 wajah


Apa kalian udah ngerti atau cukup tahu tentang penyakit yang satu ini?
Ya..penyakit Lupus. Di Indonesia, jumlah Odapus (Orang Dengan Lupus) diperkirakan brjumlah hampir 1 juta orang, dan terus meningkat tiap tahunnya.

Facts about Lupus :
1. Penyakit Kronik (menahun), menyerang organ tubuh vital dengan sangat dahsyat, seperti ginjal, jantung, hati, paru-paru, darah, syaraf, mata, sendi, dan kulit.
2. 90% penderita Lupus adalah perempuan.
3. Bukan karena virus dan nggak menular, lebih karena genetik dan hormon.

Lupus disebut sebagai penyakit seribu wajah dan peniru ulung, karena sulit banget dideteksi dan sering diduga sebagai penyakit lain. Gejalanya antara lain sakit di sendi, demam berkepanjangan bukan karena infeksi, cepat lelah, anemia, bercak merah di wajah yang berbentuk seperti kupu-kupu, sariawan yang hilang timbul, dan lainnya.
So, buat kalian yang cewek-cewek, mulai dech hidup sehat. Banyak makan sayur dan buah. Plus Olahraga buat mencegah supaya nggak terkena Lupus.
Lupus nggak bisa disembuhkan, jadi penderitanya harus berusaha sehat bersama Lupus. Dengan cara kontrol rutin, minum obat, dan mencegah kelelahan. Yayasan Lupus Indonesia (YLI) juga sudah berada di Jakarta, Surabaya, bandung, dan Yogyakarta.

1 komentar:

anasmcguire mengatakan...

Aneh-aneh ya namanya penyakit... kayak nama tokoh film jaman dulu aja lupuz...


KATALOG ONLINE